Eye Catching

Berikut ini adalah pengertian “Eye Catching” yang terdapat dalam Menata Produk, Retail, dsb. Artinya dijelaskan secara umum yang terkadang maksudnya tidak terlalu terikat dengan topik utama yang bersangkutan (kecuali istilahnya memang khas pada bidang/subjek bisnis tertentu).

 
Arti eye catching Dalam Menata Produk
eye catching; tehnik memanjangbedasarkan luas area pandang seseorang. Pemajangan berdasarkan tatap muka dimana produk tersebut yang pertama kali dilihat
Arti eye catching Pada Kamus Retail
eye catching; tehnik memajang bedasarkan luas area pandang seseorang. Pemajangan berdasarkan tatap muka dimana produk tersebut yang pertama kali dilihat
 

Eye-catching dalam merchandising merupakan cara menarik perhatian konsumen dan membuat produk-produk menonjol di dalam toko atau ruang penjualan. Tujuannya adalah untuk menciptakan daya tarik visual yang kuat (enak dilihat) sehingga konsumen tertarik untuk melihat lebih dekat dan membeli produk Anda. Berikut adalah beberapa tips mengenai penempatan produk, menonjolkan keunggulan, dan memilih jenis produk yang dapat membantu menciptakan tampilan yang eye-catching dalam merchandising.

Tips Penempatan Produk Eye-catching

  • Zona Mata: Letakkan produk yang paling menarik atau populer pada ketinggian mata, yaitu di kisaran mata manusia dewasa (maksudnya berapa pada ketinggian mata saat berdiri). Ini membuat produk tersebut lebih mudah terlihat dan menarik perhatian langsung.
  • Ruang Entri: Tempatkan produk-produk menarik di dekat pintu masuk atau di dekat pintu keluar. Konsumen cenderung lebih memperhatikan area ini saat mereka masuk atau keluar dari toko.
  • Rak Display: Gunakan rak display khusus untuk menampilkan produk-produk unggulan. Rak-rak ini bisa ditempatkan di area strategis yang membuat produk terlihat dari berbagai sudut.
  • Poin Fokus: Buat poin fokus dengan menerapkan prinsip desain seperti warna kontras atau pencahayaan yang menonjolkan produk tertentu. Ini dapat membantu produk lebih terlihat dan menarik perhatian.

Menonjolkan Keunggulan

  • Label dan Tampilan: Gunakan label yang jelas dan tampilan menarik untuk menyoroti keunggulan produk. Informasi singkat tentang fitur unik atau manfaat produk dapat menarik minat konsumen.
  • Demonstrasi: Jika memungkinkan, lakukan demonstrasi produk secara langsung. Ini bisa memberi konsumen gambaran langsung tentang cara produk berfungsi dan manfaatnya.
  • Cerita Produk: Ceritakan kisah di balik produk. Bagaimana produk itu diciptakan, apa nilai-nilai yang diusung, atau bagaimana produk tersebut bisa memecahkan masalah konsumen.

Jenis Produk Yang Ditampilkan

  • Produk Baru atau Terbatas: Menampilkan produk baru atau edisi terbatas dapat menimbulkan rasa urgensi pada konsumen untuk membeli sebelum produk habis atau kesempatan hilang.
  • Produk Terpopuler: Letakkan produk-produk yang paling laku di tempat yang mudah terlihat. Ini dapat membantu menarik konsumen dengan menunjukkan bahwa produk tersebut diminati oleh banyak orang.
  • Produk Berkaitan: Susun produk-produk yang memiliki hubungan atau kegunaan bersama di dekat satu sama lain. Ini dapat mendorong pembelian produk tambahan atau melengkapinya.

Semoga informasi peristilahan kamus bisnis singkat ini cukup bermanfaat dan bermakna, serta menambah wawasan pengunjung website Glosarium.org dalam kosa kata yang ada pada Menata Produk,Retail, dsb. Dan, mohon maaf tidak ada penjelasan detail karena konsep website ini hanya sebagai bahan pengingat dan contekan semata.