Dilution

Berikut ini adalah pengertian “Dilution” yang terdapat dalam Trademark, Keuangan, Crowdfunding, dsb. Artinya dijelaskan secara umum yang terkadang maksudnya tidak terlalu terikat dengan topik utama yang bersangkutan (kecuali istilahnya memang khas pada bidang/subjek bisnis tertentu).

 

Arti Dilution (Peleburan) Pada Kamus Trademark
Dilution (Peleburan) adalah Pengurangan kekuatan, daya tarik, atau nilai merek dagang yang terjadi ketika merek tersebut digunakan dalam konteks yang berbeda atau oleh pihak lain.

Contoh: Jika merek terkenal digunakan untuk produk yang sangat berbeda dan kurang berkualitas, ini dapat mengurangi citra merek yang asli.

Arti Dilution (Pemecahan) Dalam Keuangan
Dilution (Pemecahan); Dilusi terjadi ketika perusahaan menerbitkan saham tambahan, yang mengakibatkan pengenceran kepemilikan saham yang ada. Dilusi dapat terjadi melalui penawaran umum perdana, opsi saham, atau konversi hutang menjadi saham.

Contoh: Perusahaan mengalami dilusi saat menerbitkan saham baru untuk mengumpulkan modal tambahan.

Dilution (Pengenceran); Situasi di mana kepemilikan saham seseorang dalam suatu perusahaan berkurang karena penambahan saham baru. Pengenceran terjadi saat perusahaan menerbitkan saham tambahan, opsi saham dilaksanakan, atau konversi dari instrumen keuangan lainnya.

Contoh: Kepemilikan saham investor berkurang karena pengenceran saat perusahaan melakukan penawaran umum perdana (IPO).

Arti Dilution (Pengenceran) Dalam Crowdfunding
Dilution (Pengenceran) Adalah Pengurangan proporsi kepemilikan atau bagian saham investor dalam sebuah perusahaan akibat penerbitan saham tambahan dalam proses pendanaan melalui crowdfunding atau investasi lainnya. Menggambarkan efek dari penerbitan saham baru terhadap kepemilikan dan nilai saham yang ada.

Contoh: Ketika sebuah perusahaan startup mengeluarkan saham tambahan melalui crowdfunding, ini dapat mengakibatkan dilution bagi investor yang telah berkontribusi sebelumnya.

Arti Dilution Dalam Akuntansi
Dilution is weakening or decrease in the value of a balance sheet item.
Pengenceran melemah atau penurunan nilai item neraca.

Arti Dilution Dalam Angel Investor
Dilution adalah Penurunan persentase kepemilikan saham investor sebagai hasil dari peningkatan modal yang diterima perusahaan melalui putaran pendanaan berikutnya.

Contoh: Seorang angel investor yang memiliki 20% kepemilikan saham dalam startup mengalami dilusi saat perusahaan melakukan pendanaan seri A dan mengeluarkan saham baru untuk investor baru, sehingga kepemilikan saham investor tersebut menjadi lebih kecil.

Arti dilution Dalam Bank
dilution;
(1) The difference between gross sales and net sales. Dilution is caused by sales that are reversed as a result of returns and/or allowances.
(2) The reduction in an existing stockholder’s position that results from the issuance of new shares.

Arti dilution Dalam Ekonomi
dilution; (Dilusi) Pengurangan hasil/hak sekuritas karena jumlah yang dikeluarkan melebihi semestinya, atau karena adanya pembelian hak opsi untuk memperoleh sekuritas tersebut.

Arti Dilution Pada Kamus Saham
Dilution; Pengenceran kepemilikan saham yang ada karena penambahan saham baru ke dalam peredaran, biasanya melalui penawaran umum atau konversi instrumen keuangan lainnya.,

Contoh: Jika perusahaan XYZ menerbitkan saham tambahan dalam penawaran umum, maka kepemilikan saham yang ada akan terdilusi karena jumlah total saham yang beredar meningkat.

Arti dilution Pada Kamus Startup
dilution Adalah Kondisi ketika persentase kepemilikan saham berkurang setelah saham baru dikeluarkan

 

Semoga informasi peristilahan kamus bisnis singkat ini cukup bermanfaat dan bermakna, serta menambah wawasan pengunjung website Glosarium.org dalam kosa kata yang ada pada Trademark,Keuangan,Crowdfunding,Akuntansi,Angel Investor,Bank,Ekonomi,Saham,StartUp, dsb. Dan, mohon maaf tidak ada penjelasan detail karena konsep website ini hanya sebagai bahan pengingat dan contekan semata.