80/20 Rule

Berikut ini adalah pengertian “80/20 Rule” yang terdapat dalam Perencanaan, dsb. Artinya dijelaskan secara umum yang terkadang maksudnya tidak terlalu terikat dengan topik utama yang bersangkutan (kecuali istilahnya memang khas pada bidang/subjek bisnis tertentu).

 

Arti 80/20 Rule Dalam Perencanaan
80/20 Rule; 80/20 Rule, juga dikenal sebagai Hukum Pareto, menyatakan bahwa sekitar 80% hasil atau dampak dapat berasal dari 20% penyebab atau input. Prinsip ini sering digunakan dalam perencanaan untuk mengidentifikasi prioritas dan memfokuskan sumber daya pada hal-hal yang memberikan hasil terbesar. Contoh : Dalam analisis permintaan pelanggan, perusahaan mungkin menemukan bahwa 80% penjualan mereka berasal dari 20% pelanggan teratas, sehingga mereka dapat memprioritaskan pelayanan dan kepuasan pelanggan di segmen tersebut.

 

Semoga informasi peristilahan kamus bisnis singkat ini cukup bermanfaat dan bermakna, serta menambah wawasan pengunjung website Glosarium.org dalam kosa kata yang ada pada Perencanaan, dsb. Dan, mohon maaf tidak ada penjelasan detail karena konsep website ini hanya sebagai bahan pengingat dan contekan semata.